Tentang Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP)


Struktur Organisasi

Berikut merupakan struktur organisasi Tim Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta.

Struktur Organisasi PKSP
Tugas dan Wewenang

Tim Percepatan
Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 9 Tahun 2016, Tim Percepatan Kebijakan Satu Peta diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan anggota Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, dan Sekretariat Kabinet. Tim Percepatan berperan dalam pengambilan keputusan strategis terkait dengan implementasi kegiatan Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP).

Tim Pelaksana
Tim Pelaksana PKSP diketuai oleh Kepala Badan Informasi Geospasial, dengan Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian PPN/Bappenas sebagai Wakil Ketua 1 dan Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri sebagai Wakil Ketua 2. Tim Pelaksana bertanggung jawab dalam koordinasi teknis dan teknis pelaksanaan kegiatan PKSP.

Sekretariat
Sekretariat Tim PKSP diketuai oleh Deputi VI, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dengan Deputi II Kantor Staf Presiden sebagai Wakil Ketua 1 dan Deputi IGT BIG sebagai Wakil Ketua 2. Sekretariat Tim PKSP bertanggung jawab untuk mengatur implementasi kegiatan PKSP dalam day-to-day basis. Dalam implementasinya, Sekretariat dibantu oleh Satuan Tugas, yang beranggotakan Kementerian koordinator Perekonomian, BIG, dan K/L Walidata, sebagai berikut:
Satuan Tugas 1
Bertanggung jawab dalam kegiatan Kompilasi dan Integrasi, dan dipimpin oleh Badan Informasi Geospasial.
Satuan Tugas 2
Bertanggung jawab dalam kegiatan Sinkronisasi dan dipimpin oleh Kemenko Perekonomian.

POKJA DAN WALIDATA
Pokja dan Walidata bertanggung jawab dalam penyelenggaraan Informasi geospasial Tematik (IGT) sesuai dengan kewenangannya.